Sekuel Avatar Mendapat Total Budget $1 Miliar Lebih

Sep 25, 2017 7:11pm by pusatdatafilm

James Cameron telah memulai syuting untuk keempat sekuel Avatar, yang dikabarkan mendapat budget dengan total $1 Miliar lebih. Setelah berjalan ditempat selama bertahun-tahun, akhirnya Avatar mulai dilanjutkan. James Cameron kembali memegang kendali dikeempat sekuelnya dan berencana untuk syuting film Avatar 2 dan Avatar 3 secara berlanjutan, dilanjutkan beberapa tahun selanjutnya dengan Avatar 4 dan Avatar 5 dengan sistem yang sama.

Meski banyak yang meragukan kemampuan franchise ini akan bertahan dengan 4 film, kemungkinan untuk mendapat untung masih ada ditangan Fox dengan film pertama yang mencatat rekor pendapatan sebesar $2.8 miliar di seluruh dunia. Tidak lupa, dengan James Cameroon kembali menangani film ini, hanya dengan namanya saja sudah mampu untuk menciptakan 'api' di box office. Tidak heran jika budget untuk keempat film itu cukup besar.

Deadline memberitakan bahwa budget total untuk membuat semua sekuel Avatar - yang memulai syuting hari ini - adalah lebih dari $1 miliar. Jika dibagi rata kekeempat filmnya, masing-masing mendapat $250 juta. Budget sebuah film biasanya rahasia dan sangat jarang dikonfirmasi kebenarannya oleh studio, jadi mencari tahu seberapa besar mereka menghabiskan uang untuk satu film sangat sulit. Sebagai gambaran, Avatar original bisa mempunyai budget serendah-rendahnya $234 juta berdasarkan berita dari Variety atau maksimal menghabiskan $425 juta dari perkiraan The Numbers. Berapapun besar budget yang diberitakan oleh media-media, Avatar tetap mampu mendapat keuntungan besar.

Untungnya bagi Fox, budget dirange $250 juta per film merupakan ukuran pas untuk mengubahnya menjadi keuntungan. Besaran budget seperti ini sekarang didominasi oleh film-film yang membutuhkan efek-efek berat seperti Captain America: Civil War, Batman v Superman: Dawn of Justice, The Hobbit trilogy, dan Star Wars: The Force Awakens semuanya mempunyai budget yang kisarannya sama. Semua film tersebut mampu mendatangkan keuntungan sampai satu miliar dolar.

Bagaimanapun, semua uang ini tidak diragukan lagi akan digunakan untuk aspek visual. Agar sekuel ini dapat menarik perhatian seperti film originalnya, mereka perlu melampaui teknologi visual yang film pertama punya. Tetapi tidak perlu dipertanyakan lagi kemampuan Cameron, kita lihat saja hasilnya 3 tahun lagi pada tanggal 18 Desember 2020.

Keywords: Avatar, Avatar Sekuel, Budget, James Cameron, Fox