Blade Runner 2049 yang Tayang Di Bioskop adalah Versi Director Cut

Sep 23, 2017 4:31pm by pusatdatafilm

Sutradara Blade Runner 2049 baru saja menyatakan bahwa rilisan yang tayang di bioskop adalah versi Director Cut (versi sutradara). Sekuel dari film klasik karya Ridley Scott tahun 1982 ini disutradarai oleh Denis Villeneuve. Film pertama harus melalui beberapa perubahan versi karena campur tangan beberapa eksekutif studio. Versi bioskop pertama dari Blade Runner terdapat happy ending yang dipaksakan dan narasi dari Harrison Ford, yang kemudian dihapus dirilisan terbaru. Bahkan versi Director Cut dari original Blade Runner yang dirilis tahun 1992 juga bukan versi Scott, karena sutradara tidak memegang kendali penuh terhadap control kreatifitas dari film sampai 'Final Cut' dirilis pada tahun 2007. Berbeda dengan Villeneuve yang tidak menghadapi permasalahan yang sama, karena film yang kalian lihat di bioskop adalah versi definitif sutradara.

Dari tanggapan Villeneuve terhadap film barunya ini disebuah interview dengan Europe Plus, penggemar Blade Runner tidak perlu menunggu rilisan lainnya dari Blade Runner 2049, karena yang akan mereka lihat pada tanggal 6 Oktober di bioskop adalah versi sutradara. Dia juga menyatakan bahwa untuk dapat menikmati film ini tidak perlu menonton film Blade Runner pertama. Begini tanggapan yang Scott berikan (lihat menit ke 5:09):

“The thing is, the movie you’re going to see is the director’s cut. There will be no further … maybe there’ll be a ‘studio version’ [laughs], maybe a producer version, but not a director’s version. That’s my director’s cut. So I don’t think there will be further versions. If there are alternate versions, they’re not from me.”

Durasi sekuel ini lebih lama dari pendahulunya yaitu 2 jam 32 menit dan memiliki rating R yang menandakan sutradara tidak perlu membatasi konten yang akan ditayangkan. Terlebih lagi, dia tidak bergantung pada green screen untuk menciptakan set lokasi, melainkan menggunakan set asli untuk mengurangi penggunaan CGI. Pemeran Joi, Ana de Aram bilang dengan pendekatan ini sangat menguntungkan pemain karena tidak perlu 'membayangkan' set lokasi ketika berakting.

Meskipun ini adalah film bermodal dalam pertama bagi Villeneuve, faktanya dia berhasil memberikan versi Director Cut-nya saat perilisan. Sutradara ini mulai dikenal dengan karyanya seperti Arrival, Sicario, dan Prisoners. Meskipun versi bioskop Blade Runner 2049 adalah Director Cut, namun tidak menutup kemungkinan Warner Bros akan merilis versi lain. 

Keywords: Blade Runner 2049, Sekuel, Warner Bros., Harrison Ford, Ryan Gosling